KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat datang dan selamat berkunjung.Blog ini merupakan kumpulan tulisan-tulisan serta hasil posting dari sobat-sobat sesama blogger yang saya kumpulkan serta saya edit sedemikian rupa sehingga harapan saya mungkin bermanfaat untuk yang lain. Marilah berdiskusi dan saling berbagi. Tulisan-tulisan dalam blog membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan program Office dari Microsoft pada khususnya serta tentang hal-hal lain yang berhubungan dengan Dunia kita bersama pada umumnya. Klik bagian pada menu-menu di bagian kanan atas untuk menjelajahi blog ini atau mengklik tautan pada kolom sebelah kiri untuk menampilkan seluruh link-link dari blog ini. Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh sobat-sobat serta artikel-artikel yang telah mendukung baik secara langsung maupun tidak langsung atas terwujudnya blog ini..sekali lagi saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.. Demikian artikel ini saya posting dan editing, semoga berguna bagi kemaslahatan kita semua..Amien

Wassalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh

Jumat, 24 Juni 2011

Teknik Khitan

Teknik Khitan

Saat menjelang hari libur anak sekolah biasanya banyak orangtua yang ingin menyunatkan anaknya. Untuk itu ketahui terlebih dahulu teknik apa saja yang bisa digunakan untuk menyunat. Berikut ini beberapa teknik sunat yaitu:

1. Teknik counter
Teknik ini seringkali disebut laser oleh masyarakat, padahal tekniknya berbeda dan tidak menggunakan laser. Teknik counter menggunakan besi yang dipanaskan untuk memotong kulit kulup dari penis.

2. Teknik klamp
Teknik ini dengan cara menjepit kulit kulup dari penis, lalu lama kelamaan ia akan menjadi mati sehingga lepas dengan sendirinya. Jenis ini terbagi menjadi dua cara yaitu taraklamp dan juga smartklamp yang biasanya satu alat hanya digunakan untuk satu kali pakai saja sehingga steril.

3. Teknik tradisional atau dikenal dengan bengkong
Teknik ini biasanya menggunakan pisau untuk memotong kulit kulup. Teknik ini tidak apa-apa digunakan, asal orang yang melakukannya sudah terbiasa sehingga ia sudah tahu mana yang harus dipotong dan tahu letak-letak dari pembuluh darahnya.

4. Teknik laser
Teknik ini dengan menggunakan sinar laser (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation). Sampai saat ini masih jarang klinik yang menyediakan teknik sunat dengan menggunakan sinar laser, karena harga dari alat ini terbilang mahal yaitu sekitar Rp 1 miliar.

Untuk itu jika ingin melakukan sunat, hal pertama yang harus dilakukan adalah pilihlah dokter atau mantri yang memang ahli dan sudah terbiasa melakukannya sehingga ia tahu teknik-teknik sunat yang benar.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum dan Sesudah Sunat

 Sunat adalah proses memotong sebagian kulit penutup penis atau biasa disebut dengan kulup. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah sunat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sunat biasanya dikenal sebagai salah satu operasi ringan, meski begitu bukan berarti prosedur ini tidak bisa menimbulkan komplikasi atau efek samping. Karena jika cara memotongnya salah bisa memicu terjadinya komplikasi.

Kulit kelamin diketahui kaya akan pembuluh darah sehingga sangat rawan terjadinya perdarahan. Selain itu jika luka dari sunat ini tidak dijaga dengan baik maka bisa menyebabkan infeksi.beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum melakukan sunat yaitu:

  1. Pilihlah lokasi tempat yang sunat baik yaitu klinik atau rumah sakit yang baik dan bersih
  2. Perhatikan bahwa segala peralatan yang digunakan untuk menyunat adalah steril dan bersih
  3. Pilihlah dokter yang berpengalaman atau sudah terampil dalam menggunakan teknik sunat tersebut
setelah disunat sebaiknya jangan langsung kena air. Hal ini karena air yang digunakan tidak steril sehingga ada kemungkinan mengandung kuman yang bisa menyebabkan kontaminasi terhadap luka sunat tersebut. Kontaminasi yang bisa ditimbulkan salah satunya adalah mengalami infeksi.

Untuk itu biasanya seseorang yang baru disunat akan diberikan cairan khusus yang berfungsi membersihkan luka terutama setelah ia buang air kecil. Dan rata-rata seseorang baru boleh terkena air minimal setelah 3 hari, tapi tergantung pada kondisi lukanya.


Selain itu jika setelah sunat ditemukan beberapa kondisi seperti berikut sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter:
  1. Darah yang tidak berhenti keluar
  2. Ada nanah di sekitar area sunat
  3. Munculnya jaringan hitam di area sunat

Jaringan hitam yang muncul menandakan adanya pembuluh darah yang terputus sehingga membuat jaringan di sekitarnya mati, jika jaringan hitam ini semakin banyak bisa menyebabkan penis putus. Untuk itu jika ada jaringan yang hitam segera konsultasikan dengan dokter agar tidak semakin menyebar.

Karenanya agar tidak menimbulkan komplikasi atau efek samping yang buruk, sebaiknya tetap menjaga daerah alat kelamin tetap kering dan bersih serta menggunakan celana dalam yang agak longgar untuk menghindari gesekan dengan luka sunat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes