KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat datang dan selamat berkunjung.Blog ini merupakan kumpulan tulisan-tulisan serta hasil posting dari sobat-sobat sesama blogger yang saya kumpulkan serta saya edit sedemikian rupa sehingga harapan saya mungkin bermanfaat untuk yang lain. Marilah berdiskusi dan saling berbagi. Tulisan-tulisan dalam blog membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan program Office dari Microsoft pada khususnya serta tentang hal-hal lain yang berhubungan dengan Dunia kita bersama pada umumnya. Klik bagian pada menu-menu di bagian kanan atas untuk menjelajahi blog ini atau mengklik tautan pada kolom sebelah kiri untuk menampilkan seluruh link-link dari blog ini. Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh sobat-sobat serta artikel-artikel yang telah mendukung baik secara langsung maupun tidak langsung atas terwujudnya blog ini..sekali lagi saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.. Demikian artikel ini saya posting dan editing, semoga berguna bagi kemaslahatan kita semua..Amien

Wassalamu'alaikum Warrahmatullah Wabarakatuh

Selasa, 28 Februari 2012

Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel

Membuat pengolahan data penelitian atau data administrative tidak selalu dengan program-program statistik, ternyata Microsoft excel juga mampu melakukan hal tersebut.
Seorang mahasiswa kebingungan saat diberi tugas dosennya untuk membuat data statistik, karena pada laptop maupun PC nya tidak ada program statistik. Dalam benaknya, data statistik harus diolah dengan program statistik, misalnya SPSS, SAS, dan lain sebagainya.Yang lebih lucu lagi mahasiswa tersebut justru kaget begitu diberitahu bahwa data statistik dapat diolah dengan program Microsoft Excel. Dia mengira bahwa Microsoft Excel hanya ada fungsi-fungsi statistik yang pemakaiannya sangat terbatas pada statistik itu sendiri.
Demikianlah gambaran sebagian orang tentang kegunaan dari program Microsoft Excel dalam pengolahan data statistik. Untuk itu pada tulisan ini, FastNCheap akan mengajak anda untuk bermain statistik bersama Microsoft Excel 2010.
Statistic adalah ilmu dan seni atau teknik untuk mengumpulkan data, menyajikan data, mengumpulkan data dan mengambil kesimpulan berdasarkan data yang berhasil dihimpun.
Cara Mengaktifkan Referensi Tools Statistik Pada Excel 2010.

Microsoft Excel 2010 sudah menyediakan dua fasilitas untuk mengolah data statistic, yaitu dengan memanfaatkan fungsi-fungsi statistik yang ada, dan perintah analisis yang merupakan perintah tambahan (add-in) sehingga tidak ditampilkan pada menu utama Microsoft Excel 2010.
Sebelum dapat menggunakan perintah data analisis, langkah pertama yang harus dilakukan adlah mengaktifkan referensi tools yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel , di mana langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Aktifkan program Microsoft Excel hingga terdapat worksheet kosong.
  2. Klik Office button Microsoft Excel yang berada di ujung kiri atas jendela utama.
  3. Klik Menu Options yang berada dalam kumpulan menu vertical, mulai dari menu back sampai exit.
  4. Sebuah kotak dialog Excel Options ditampilkan, dan klik menu add-ins yang ada di jendela sebelah kiri.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  5. Pilih dan Klik Analysis tool pack pada daftar aplikasi add-ins yang tidak aktif.
  6. Klik tombol Go, dan sebuah kotak dialog add-ins ditampilkan.
  7. Berikan tanda check (lihat gambar) pada kotak check analysis tool pack.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  8. Terakhir, klik tombol OK dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi berakhir.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
Cara melakukan analysis stastik deskriptif dengan Excel bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang sebenarnya siapa saja bisa melakukannya.  Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam standar proses analysis adalah sebagai berikut :

  1. Dari menu utama MS.Excel, klik menu Data (lihat gambar).Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  2. Klik menu Data Analysis pada grup analysis dan sebuah kotak dialog data analysis ditampilkan (lihat gambar).
Analysis statistik yang akan di lakukan adalah mencari ukuran pemusatan dari segugus data yang diolah. Ukuran pemusatan merupakan sembarang ukuran yang menunjukkan pusat segugus data yang telah diurutkan, dari yang terkecil sampai yang terbesar. Ukuran pemusatan yang paling banyak antara lain :
  • Mean.
Mean merupakan nilai rata-rata atau nilai tengah dari segugus data.
  • Median.
Median merupakan nilai yang berada di tengah dari segugus data setelah diurutkan.
  • Modus.
Modul merupakan nilai yang paling sering muncul dari segugus data yang ada.
Contoh :
Hitung nilai mean, median, modus dari segugus data nilai Ujian Akhir Semester, yaitu: 95, 75, 70, 80, 75, 68, 80, 78, 97, 85, 64, 100, 70, 67, 90, 68, 65, 89, dan 75.
Jawab :
  1. Input-kan data-data UAS (lihat gambar).
    Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  2. Klik menu Data pada menu Utama MS.Excel , dan klik menu Data Analysis yang ada di grup Analysis.
  3. Pada kotak Dialog Analysis , pilih menu Descriptive Statistik, dan klik tombol OK untuk keluar dari kotak dialog tersebut.
  4. Selanjutnya ditampilkan kotak dialog Descriptive Statistics.
  5. Klik button pada Input Range, dan masukkan data kedalam kolom Input Range, yaitu dengan cara mem-blok data pada sheet (lihat gambar).Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  6. Berikan tanda cek pada Label in First Row jika cell yang dimasukkan tadi memuat label dari data.
  7. Klik Output Range, klik pada kolom output range, dan tempatkan pointer pada sembarang cell yang kosong.
  8. Berikan tanda cek pada pilihan Summary Statistics.
  9. Klik tombol OK.
    Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image


Simpulan :
Dari hasil perhitungan diketahui bahwa nilai rata-rata (mean) adalah 77, 8, nilai median 75, dan nilai modus adalah 75.


HISTOGRAM
Dan tutorial yang terakhir adalah mengenai histogram.
Pasti sudah pada bosan lihat tutorialnya kepanjangan kan? Jangan khawatir, ini yang terakhir kok.
Sedikit bercerita dahulu, Kata Histogram berasal dari kata Yunani yaitu Histos dan Gramma.
Microsoft Excel 2010 menyediakan fasilitas untuk membuat histogram, yaitu melalui perintah Histogram pada kotak dialog Data Analysis.
Contoh :
Buat sebuah histogram dari hasil penjualan buku perhari selama satu bulan, dimana bentuk datanya adalah sepert gambar dibawah ini.
Jawab :
  1. Klik menu Data, dan pada grup Analysis klik menu Data Analysis.
  2. Pada kotak dialog Analysis, klik menu Histogram.
  3. Klik tombol OK sampai tampil kotak dialog Histogram.
  4. Masukkan data penjualan buku tersebut pada kolom Input Range, dan abaikan isian Bin Range.
  5. Berikan tanda cek pada kotak cek Pareto (Sorted Histogram). Cummulative Percentage, dan Chart Output.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
  6. Klik tombol OK, hasil proses pembuatan Histogram lihat gambar dibawah.Mengenali Dasar Mudahnya Membuat Statistik Dengan Microsoft Excel. Image
Sekian dulu tutorial bermain statistik dengan Excel  ini. Semoga bisa menjadi pembelajaran buat semua pengunjung setia blog

Selasa, 21 Februari 2012

7 KELEBIHAN SETAN YANG WAJIB KITA TIRU

 
Setan dan manusia memang pada dasarnya 2 makhluk yang berbeda. Manusia pada umunya pasti benci kepada setan. Namun, di balik niat jahatnya ternyata setan mempunyai banyak sifat “yang perlu kita tiru”

7 Kelebihan Setan Dibandingkan Manusia!!!!!

1. Pantang menyerah
Setan tidak akan pernah menyerah selama keinginannya untuk menggoda manusia belum tercapai. Sedangkan manusia banyak yang mudah menyerah dan malah sering mengeluh.


2. Kreatif
Setan akan mencari cara apapun dan bagaimanapun untuk menggoda manusia agar tujuannya tercapai, selalu kreatif dan penuh ide. Sedangkan manusia ingin enaknya saja, banyak yang malas.

3. Konsisten
Setan dari mulai diciptakan tetap konsisten pada pekerjaannya, tak pernah mengeluh dan berputus asa. Sedangkan manusia??? Banyak manusia yang mengeluhkan pekerjaannya, padahal banyak manusia lain yang masih ngaggur dan membutuhkan pekerjaan.

4. Solider
Sesama setan tidak pernah saling menyakiti, bahkan selalu bekerjasama untuk menggoda manusia. Sedangkan manusia, jangankan peduli terhadap sesama, kebanyakan malah saling bunuh dan menyakiti.

5. Jenius
Setan itu paling pintar otaknya dalam mencari cara agar manusia tergoda. Sedangkan manusia banyak yang tidak kreatif, bahkan banyak yang jadi peniru dan plagiat.

6. Tanpa Pamrih
Setan itu bekerja 24 Jam tanpa mengharapkan imbalan apapun. Sedangkan manusia, apapun harus dibayar. Materi seharusnya bukanlah hal yang terpenting dalam hidup ini!

7. Suka berteman dan kompak
Setan adalah mahluk yang selalu ingin berteman, berteman agar banyak temannya di neraka kelak. Sedangkan manusia banyak yang lebih memilih mementingkan diri-sendiri dan egois. Manusia dalam mengerjakan sesuatu cenderung ingin menonjolkan kemampuannya sendiri dibanding bekerja sama dengan orang lain

Minggu, 05 Februari 2012

PENGENALAN MEDIA PEMBELAJARAN

 
A.  Pengertian Media Pembelajaran

Media  adalah  sebuah  alat  yang  mempunyai  fungsi  menyampaikan  pesan  (Bovee,  1997).  Media  merupakan  bentuk  jamak  dari  kata “medium”  yang  berasal  dari  bahasa  latin  yang  berarti  “antara”. Istilah media  dapat  kita  artikan  sebagai  segala  sesuatu  yang  menjadi perantara  atau  penyampai  informasi  dari  pengirim  pesan  kepada penerima pesan. 

Berbicara  mengenai  media  tentunya  kita  akan  mempunyai  cakupan yang sangat luas, oleh karena itu saat ini masalah media kita batasi ke arah  yang  relevan  dengan  masalah  pembelajaran  saja  atau  yang dikenal  sebagai  media  pembelajaran.  Briggs  menyebutkan  bahwa media  adalah  segala  alat  fisik  yang  dapat  menyajikan  pesan  serta merangsang siswa untuk belajar. Sementara itu Schramm berpendapat bahwa  media  merupakan  teknologi  pembawa  informasi  atau  pesan instruksional  yang  dapat  dimanipulasi,  dilihat,  didengar  dan  dibaca. Dengan  demikian  media  pembelajaran  adalah  sebuah  alat  yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. 

Pembelajaran  adalah  sebuah  proses  komunikasi  antara  pembelajar,pengajar  dan  bahan  ajar.  Komunikasi  tidak  akan  berjalan  tanpa bantuan  sarana  penyampai  pesan  atau  media.  Pesan  yang  akan dikomunikasikan  adalah  isi  pembelajaran  yang  ada  dalam  kurikulum yang  dituangkan  oleh  pengajar  atau  fasilitator  atau  sumber  lain  ke dalam  simbol-simbol  komunikasi,  baik  simbol  verbal  maupun  simbol non verbal atau visual.

Untuk  menyampaikan  pesan  pembelajaran  dari  guru  kepada  siswa, biasanya  guru  menggunakan  alat  bantu  mengajar  (teaching  aids) berupa  gambar,  model,  atau  alat-alat  lain  yang  dapat  memberikan pengalaman  konkrit,  motivasi  belajar,  serta  mempertinggi  daya  serap
atau  yang  kita  kenal  sebagai  alat  bantu  visual.  


Dengan berkembangnya  teknologi  pada  pertengahan  abad  ke  20  guru  juga menggunakan  alat  bantu  audio  visual  dalam  prose  pembelajarannya. Hal  ini  dilakukan  untuk  menghindari  verbalisme  yang  mungkin  terjadi jika hanya menggunakan alat bantu visual saja.

Penggunaan media dalam pembelajaran dapat membantu anak dalam memberikan  pengalaman  yang  bermakna  bagi  siswa.  Penggunaan media  dalam  pembelajaran  dapat  mempermudah  siswa  dalam memahami  sesuatu  yang  abstrak  menjadi  lebih  konkrit.  Hal  ini  sesuai dengan  pendapat  Jerome  S  Bruner  bahwa  siswa  belajar  melalui  tiga tahapan  yaitu  enaktif,  ikonik,  dan  simbolik.  Tahap  enaktif  yaitu  tahap dimana  siswa  belajar  dengan  memanipulasi  benda-benda  konkrit. Tahap  ikonik  yaitu  suatu  tahap  dimana  siswa  belajar  dengan menggunakan  gambar  atau  videotapes.  Sementara  tahap  simbolik yaitu tahap dimana siswa belajar dengan menggunakan simbol-simbol. Prinsip  tahapan  pembelajaran  dari  Jerome  S  Bruner  ini  dapat  kita terapkan dalam “Kerucut Pengalaman” atau “cone of experience” yang dikemukan  Edgar  Dale  pada  tahun  1946,  seperti yang  dapat  kita  lihat pada gambar berikut ini:













Gambar 1: Dale’s Cone of Experience



B.  Jenis-jenis Media Pembelajaran
Terdapat  enam  jenis  dasar  dari  media  pembelajaran  menurut  Heinich and Molenda (2005) yaitu:
1.  Teks. 
Merupakan elemen dasar bagi menyampaikan suatu informasi yang Mempunyai  berbagai  jenis  dan  bentuk  tulisan  yang  berupaya memberi daya tarik dalam penyampaian informasi. 
2.  Media Audio.
Membantu  menyampaikan  maklumat  dengan  lebih  berkesan Membantu            meningkatkan             daya    tarikan             terhadap sesuatu persembahan.  Jenis  audio  termasuk  suara  latar,  musik,  atau rekaman suara dan lainnya.
3.  Media Visual
Media  yang  dapat  memberikan  rangsangan-rangsangan  visual seperti gambar/foto, sketsa, diagram,  bagan,  grafik,  kartun,  poster, papan buletin dan lainnya.
4.  Media Proyeksi Gerak.
Termasuk  di  dalamnya  film  gerak,  film  gelang,  program  TV,  video kaset (CD, VCD, atau DVD)
5.  Benda-bendaTiruan/miniatur
Seperti  benda-benda  tiga  dimensi  yang  dapat  disentuh  dan  diraba oleh  siswa.  Media  ini  dibuat  untuk  mengatasi  keterbatasan  baik obyek maupun situasi sehingga proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik.
6.  Manusia.
Termasuk di dalamnya guru, siswa, atau pakar/ahli di bidang/materi tertentu.
C.  Media-media yang Biasa digunakan dalam Proses Pembelajaran
1.  Media Visual
Seperti  halnya  media  yang  lain,  media  visual  berfungsi  untuk menyalurkan  pesan  dari  sumber  ke  penerima  pesan.  Pesan  yang akan disampaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol visual. Selain itu,  fungsi  media  visual  adalah  untuk  menarik  perhatian,



memperjelas  sajian  ide,  menggambarkan  atau  menghiasi  fakta yang  mungkin  akan  cepat  dilupakan  jika  tidak  divisualkan. Beberapa media yang termasuk media visual adalah:
a.  Gambar atau foto
Kita  sering  menggunakan  gambar  atau  foto  sebagai  media pembelajaran  karena  gambar  merupakan  bahasa  yang  umum yang  dapat  dimengerti  dan  dinikmati  dimana  saja  oleh  siapa saja.  Manfaat  atau  kelebihan  gambar  atau  foto  sebagai  media pembelajaran adalah:
i.  Memberikan tampilan yang sifatnya konkrit
ii.  Gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu
iii.  Gambar atau foto dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita
iv.  Dapat  memperjelas  suatu  masalah,  dalam  bidang  apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja
v.  Murah  harganya  dan  mudah  didapat  serta  digunakan  tanpa memerlukan peralatan khusus
b.  Sketsa
Sketsa  merupakan  gambar  yang  merupakan  draft  kasar  yang menyajikan  bagian-bagian  pokonya  saja  tanpa  detail.  Sketsa selain  dapat  menarik  perhatian  peserta  atau  siswa  juga  dapat menghindari  verbalisme  dan  dapat  memperjelas  penyampaian pesan. 
c.  Diagram
Berfungsi  sebagai  penyederhana  sesuatu  yang  kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan. Isi diagram pada umumnya  berupa  petunjuk-petunjuk.  Sebagai  suatu  gambar sederhana  yang  menggunakan  garis  dan  simbol,  diagram menggambarkan  struktur  dari  objeknya  secara  garis  besar, menunjukkan  hubungan  yang  ada  antar  komponennya  atau sifat-sifat proses yang ada.





Ciri-ciri dari sebuah diagram yang baik adalah:
i.  benar,  digambar  rapi,  diberi  judul,  label  dan  penjelasan-penjelasan yang perlu
ii.  cukup besar dan ditempatkan strategis
iii.  penyusunannya  disesuaikan  dengan  pola  membaca  yang umum, dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.
d.  Bagan/Chart
Terdapat dua jenis chart yaitu chart yang menyajikan pesannya secara  bertahap  dan  chart  yang  menyajikan  pesannya sekaligus.  Chart  yang  menyajikan  pesannya  secara  bertahap misalnya  adalah  flipchart  atau  hidden  chart,  sementara  bagan atau  chart  yang  menyajikan  pesannya  secara  langsung misalnya bagan pohon (tree chart), bagan  alir (flow chart), atau bagan garis waktu (time line chart). Bagan atau chart Berfungsi untuk  menyajikan  ide-ide  atau  konsep-konsep  yang  sulit  jika hanya  disampaikan  secara  tertulis  atau  lisan  secara  visual. Bagan  juga  mampu  memberikan  ringkasan  butir-butir  penting dari  suatu  presentasi.  Dalam  bagan  biasanya  kita  menjumpai jenis  media  visual  lain  seperti  gambar,  diagram,  atau  lambang-lambang verbal. 
Ciri-ciri bagan sebagai media yang baik adalah:
i.  dapat dimengerti oleh pembaca
ii.  sederhana dan lugas tidak rumit atau berbelit-belit
iii.  diganti  pada  waktu-waktu  tertentu  agar  selain  tetap
mengikuti  perkembangan  jaman  juga  tidak  kehilangan  daya
tarik
e.  Grafik
Disusun  berdasarkan  prinsip  matematik  dan  menggunakan data-data komparatif, grafik merupakan gambar sederhana yang menggunakan  titik-titik,  garis  atau  simbol-simbol  verbal  yang berfungsi  untuk  menggambarkan  data  kuantitatif  secara  teliti, menerangkan  perkembangan  atau  perbandingan  sesuatu  objek





atau  peristiwa  yang  saling  berhubungan  secara  singkat  dan jelas.  Dengan  menggunakan  grafik  kita  dapat  melakukan analisis dengan cepat, interpretasi  dan perbandingan data-data yang disajikan baik dalam hal ukuran, jumlah, pertumbuhan dan arah.  Terdapat  beberapa  macam  grafik  diantaranya  adalah grafik garis, grafik batang, grafik lingkaran, dan grafik gambar.
f.  Kartun
Suatu  gambar  interpretatif  yang  menggunakan  simbol-simbol untuk  menyampaikan  suatu  pesan  secara  cepat  dan  ringkas atau  suatu  sikap  terhadap  orang,  situasi atau kejadian-kejadian tertentu. Kartun biasanya hanya menangkap esensi pesan yang harus  disampaikan  dan  menuangkannya  ke  dalam  gambar sederhana  dengan  menggunakan  simbol-simbol  serta  karakter yang mudah dikenal dan diingat serta dimengerti dengan cepat.
g.  Poster
Poster dapat dibuat di atas kertas, kain, batang kayu, seng dan sebagainya.  Poster  tidak  saja  penting  untuk  menyampaikan pesan  atau  kesan  tertentu  akan  tetapi  mampu  pula  untuk mempengaruhi  dan  memotivasi  tingkah  laku  orang  yang melihatnya. Ciri-ciri poster yang baik adalah:
i.   sederhana
ii.  menyajikan satu ide dan untuk mencapai satu tujuan pokok
iii.  berwarna
iv.  slogan yang ringkas dan jitu
v.  ulasannya jelas
vi.  motif dan desain bervariasi
h.  Peta dan Globe
Berfungsi  untuk  menyajikan  data-data  yang  berhubungan dengan  lokasi  suatu  daerah  baik  berupa  keadaan  alam,  hasil bumi,  hasil  tambang  atau  lain  sebagainya.  Secara  khusus  peta dan globe dapat memberikan informasi tentang:





i.  keadaan  permukaan  bumi,  daratan,  sungai,  gunung,  lautan dan bentuk daratan serta perairan lainnya
ii.  tempat-tempat serta arah dan jarak dengan tempat yang lain
iii.  data-data budaya dan kemasyarakatan
iv.  data-data      ekonomi,      hasil      pertanian,       industri      dan perdagangan
i.  Papan planel
Papan  berlapis  kain  planel  ini  dapat  berisi  gambar  atau  huruf
yang  dapat  ditempel  dan  dilepas  sesuai  kebutuhan,  gambar
atau huruf tadi dapat melekat pada kain planel karena di bagian
bawahnya  dilapisi  kertas  amplas.  Papan  planel  merupakan
media  visual  yang  efektif  dan  mudah  untuk  menyampaikan
pesan-pesan tertentu kepada sasaran tertentu pula.
j.  Papan Buletin. 
Papan  ini  tidak  dilapisi  oleh  kain  planel,  tetapi  langsung ditempeli  gambar  atau  tulisan.  Papan  ini  berfungsi  untuk memberitahukan  kejadian  dalam  waktu  tertentu.  Media  visual lainnya  seperti  gambar,  poster,  sketsa  atau  diagram  dapat dipakai sebagai bahan pembuatan papan buletin.
2.  Media Audio
Media  audio  adalah  jenis  media  yang  berhubungan  dengan  indera pendengaran. Pesan  yang akan disampaikan dituangkan ke dalam
lambang-lambang  uaditif.  Beberapa  jenis  media  yang  dapat digolongkan ke dalam media audio adalah sebagai berikut:
a.  Radio
Media  ini  dapat  merangsang  partisipasi  aktif  dari  pendengar. Siaran  radio  sangat  cocok  untuk  mengajarkan  musik  dan bahasa.  Bahkan  radio  juga  dapat  digunakan  sebagai  pemberi petunjuk  mengenai  apa  yang  harus  dilakukan  oleh  guru  atau siswa dalam pembelajaran. 





b.  Alat perekam magnetik
Alat  perekam  magnetik  atau  tape  recorder  adalah  salah  satu media  yang  memiliki  peranan  yang  sangat  penting  dalam penyampaian  keakuratan  sebuah  informasi.  Melalui  media  ini kita  dapat  merekam  audio,  mengulangnya  dan  menghapusnya. Selain  itu  pita  rekaman  dapat  diputar  berulang-ulang  tanpa mempengaruhi  volume,  sehingga  dapat  menimbulkan  berbagai kegiatan diskusi atau dramatisasi.
3.  Media Proyeksi Diam
Beberapa  media  yang  termasuk  kedalam  media  proyeksi  diam
diantaranya adalah:
a.  Film Bingkai
Film  bingkai  adalah  suatu  film  positif  baik  hitam  putih  ataupun berwarna  yang  berukuran  35  mm,  dan  umumnya  dibingkai dengan ukuran  2 x 2 inchi. Untuk melihatnya perlu ditayangkan dengan proyektor slide. Beberapa keuntungan penggunaan film bingkai sebagai media pembelajaran adalah:
i.  materi  pelajaran  yang  sama  dapat  disebarkan  kepada
seluruh siswa secara serentak
ii.  perhatian  siswa  dapat  dipusatkan  pada  satu  persoalan,
sehingga dapat menghasilkan keseragaman pengamatan
iii.  Fungsi  berfikir  siswa  dirangsang  dan  dikembangkan  secara
bebas
iv.  Penyimpanannya mudah dan praktis
v.  Film bingkai dapat mengatasi keterbatasan ruang waktu dan
indera
vi.  Program  dapat  dibuat  dalam  waktu  singkat  tergantung
kebutuhan dan perencanaan
b.  Film Rangkai
Film  rangkai  hampir  sama  dengan  film  bingkai,  bedanya  pada film  rangkai  frame  atau  gambar  tidak  memerlukan  bingkai  dan merupakan  rangkaian  berurutan  dari  sebuah  film  atau  gambar





tertentu.  Jumlah  gambar  pada  1  rol  film  rangkai  adalah  sekitar 50 sampai dengan 75 gambar dengan panjang kurang lebih 100 sampai dengan 130 cm tergantung pada isi film itu.  Film rangkai dapat  mempersatukan  berbagai  media  pembelajaran  yang berbeda dalam satu rangkai sehingga cocok untuk mengajarkan keterampilan,  penyimpanannya  mudah  serta  dapat  digunakan untuk bahan belajar kelompok atau individu
c.  OHT
Over  Head  Transparancy  (OHT)  adalah  media  visual  proyeksi, dibuat  di  atas  bahan  transparan,  biasanya  film  acetate  atau plastik  berukuran  8,5  x  11  inchi.  Media  ini  memerlukan  alat khusus  untuk  memproyeksikannya  yang  dikenal  dengan sebutan  Over  Head  Projector  (OHP).  Beberapa  keuntungan penggunaan  OHT  sebagai  media  pembelajaran  diantaranya adalah:
i.  gambar yang diproyeksikan lebih jelas bila dibandingkan jika
digambarkan di papan tulis
ii.  ruangan tidak perlu digelapkan
iii.  sambil mengajar, guru dapat berhadapan dengan siswa
iv.  mudah  dioperasikan  sehingga  tidak  memerlukan  bantuan
operator
v.  menghemat  tenaga  dan  waktu  karena  dapat  dipakai
berulang-ulang
vi.  praktis  dapat  digunakan  untuk  semua  ukuran  kelas  atau
ruangan
d.  Opaque Projektor
Projektor yang tak tembus pandang, karena yang diproyeksikan bukan bahan transparan tetapi bahan-bahan yang tidak tembus pandang  (opaque).  Kelebihan  media  ini  sebagai  media pembelajaran  adalah  bahwa  bahan  cetak  pada  buku,  majalah, foto,  grafis,  bagan  atau  diagram  dapat  diproyeksikan  secara





langsung tanpa dipindahkan ke permukaan transparansi terlebih dahulu. Kelebihan projektor tak tembus pandang adalah:
i.  dapat digunakan untuk hampir semua bidang studi yang ada
di kurikulum
ii.    dapat  memperbesar  benda  kecil  menjadi  sebesar  papan
sehingga  bahan  yang  semula  hanya  untuk  individu  menjadi
untuk seluruh kelas
e.  Mikrofis
Mikrofis  adalah  lembaran  film  transparan  yang  terdiri  atas lambang-lambang  visual  yang  diperkecil  sedemikian  sehingga tidak  dapat  dibaca  dengan  mata  telanjang.  Keuntungan  dari media ini adalah sebagai berikut:
i.  mudah diduplikasi dengan biaya relatif murah
ii.  dapat diproyeksikan ke layar lebar
iii.  karena  dalam  bentuk  lembaran,  ringkas,  hemat  tempat  dan
praktis untuk dikirim
iv.  memudahkan  identifikasi  informasi  kepustakaan  karena
letaknya berada di bagian atas lembaran 
4.  Media Proyeksi Gerak dan Audio Visual
Beberapa jenis media yang masuk dalam kelompok ini adalah:
a.  Film gerak
Film gerak merupakan sebuah media pembelajaran yang sangat meanrik  karena  mampu  mengungkapkan  keindahan  dan  fakta bergerak dengan efek suara, gambar dan gerak, film juga dapat diputar  berulang-ulang  sesuai  dengan  kebutuhan.  Selain  itu, beberapa keunggulan film sebagai media pembelajaran adalah:
i.  keterampilan membaca atau menguasai penguasaan bahasa
yang kurang bisa diatasi dengan menggunakan film
ii.  sangat tepat untuk menerangkan suatu proses
iii.  dapat  menyajikan  teori  ataupun  praktek  dari  yang  bersifat
umum ke yang bersifat khusus ataupun sebaliknya





iv.  film      dapat     mendatangkan     seorang     yang     ahli     dan memperdengarkan suaranya di depan kelas
v.  film  dapat  lebih  realistis,  hal-hal  yang  abstrak  dapat terlihat
menjadi lebih jelas
vi.  film juga apat merangsang motivasi kegiatan siswa
b.  Film gelang
Film  gelang  atau  film  loop  adalah  jenis  media  yang  terdiri  atas film  berukuran  8  mm  dan  16  mm  yang  ujung-ujungnya  saling bersambungan  sehingga  film  ini  akan  berulang  terus  menerus jika  tidak  dimatikan.  Kelebihan  penggunaan  media  ini  sebagai media pembelajaran adalah:
i.  ruangan tidak perlu digelapkan
ii.  dapat  berputar  terus  berulang-ulang  sehingga  pengertian
yang kabur menjadi jelas
iii.  mudah  diintegrasikan  ke  dalam  pelajaran  dan  dipakai
bersama dengan media lain
iv.  siswa       juga     dapat     menggunakannya      sendiri     karena
sederhana
v.  film  dapat  dihentikan  kapan  saja  untuk  diselingi  oleh
penjelasan atau diskusi
c.  Program TV
Televisi  merupakan  media  menarik  dan  modern  karena merupakan  bagian  dari  kebutuhan  hidupnya.  Televisi  dapat menjadi  sebuah  media  pembelajaran  yang  menarik  dalam menyampaikan  pesan-pesan  pembelajaran  secara  audio  visual dengan disertai unsur gerak.
d.  Video
Pesan  yang  disajikan  dalam  media  video  dapat  berupa  fakta maupun  fiktif,  dapat  bersifat  informatif,  edukatif  maupun instruksional.  Beberapa  kelebihan  penggunaan  media  video dalam pembelajaran adalah:





i.  dengan  alat  perekam  video  sejumlah  besar  penonton dapat
memperoleh informasi dari para ahli
ii.  demonstrasi  yang  sulit  dapat  dipersiapkan  dan  direkam
sebelumnya,  sehingga  pada  waktu  mengajar  seorang  guru
dapat memusatkan perhatian pada penyajiannya
iii.  menghemat waktu karena rekaman dapat diputar ulang
iv.  dapat mengamati lebih dekat  dengan objek yang berbahaya
ataupun objek yang sedang bergerak
v.  ruangan tidak perlu digelapkan pada saat penyajian
5.  Multimedia
Vaughan (2004) menjelaskan bahwa multimedia adalah sembarang kombinasi  yang  terdiri  atas  teks,  seni  grafik,  bunyi,  animasi  dan video  yang  diterima  oleh  pengguna  melalui  komputer.  Sejalan dengan  hal  di  atas,  Heinich  et  al  (2005)  multimedia  merupakan penggabungan  atau  pengintegrasian  dua  atau  lebih  format  media yang  berpadu  seperti  teks,  grafik,  animasi,  dan  video  untuk membentuk  aturan  informasi  ke  dalam  sistem  komputer.  Namun kelemahan  dari  media  ini  adalah  harus  didukung  oleh  peralatan memadai  seperti  LCD  projektor  dan  adanya  aliran  listrik. Keuntungan      penggunaan    multimedia      dalam pembelajaran diantaranya  dapat  meningkatkan  kemampuan  siswa  dalam memahami  suatu  konsep  abstrak  dengan  lebih  mudah,  selain  itu juga  penggunaan  media  komputer  dalam  bentuk  multimedia  dapat memberikan  kesan  yang  positif  kepada  guru  karena  dapat
membantu  guru  menjelaskan  isi  pelajaran  kepada  pelajar, menghemat waktu dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
6.  Benda
Benda-benda  yang  ada  disekitar  dapat  digunakan  pula  sebagai media  pembelajaran,  baik  benda  asli  maupun  benda  tiruan  atau miniatur.  Benda-benda  ini  dapat  membantu  proses  pembelajaran dengan  baik  terutama  jika  metode  yang  digunakan  adalah metode demonstrasi atau praktek lapangan. 





D.  Manfaat Media Pembelajaran
Secara  umum  media  pembelajaran  mempunyai  manfaat  sebagai berikut:
1.  Memperjelas  penyajian  suatu  pesan  agar  tidak  terlalu  bersifat verbalistis
2.  Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera seperti:
a.  obyek  yang  terlalu  besar,  dapat  digantikan  dengan  realita, gambar, film bingkai, film, gambar video, atau model
b.  obyek  yang  kecil  dibantu  dengan  proyektor  mikro,  film  slide, gambar video atau gambar
c.  gerak  yang  terlalu  lambat  atau  terlalu  cepat  dapat  dibantu dengan  timelapse,  highspeed  photografi  atau  slow  motion playback video
d.  kejadian  atau  peristiwa  yang  terjadi  pada  masa  lalu  dapat ditampilkan lagi melalui rekaman film, video, atau foto
e.  Obyek  yang  terlalu  kompleks  dapat  disajikan  dengan  model, diagram, dll
f.  Konsep  yang  terlalu  luas  dapat  divisualkan  dalam  bentuk  film, slide, gambar atau video
3. Dengan  menggunakan  media  pembelajaran  secara  tepat  dan bervariasi  dapat  mengatasi  sikap  pasif  siswa.  Dalam  hal  ini  media pembelajaran berguna untuk:
a.  menimbulkan gairah belajar
b.  memungkinkan  interaksi  langsung  antara  siswa  dengan lingkungan dan kenyataan
c.  Memungkinkan  siswa  belajar  sendiri  menurut  minat  dan kemampuannya
4.  Dengan  sifat  yang  unik  pada  siswa  juga  dengan  lingkungan  dan pengalaman  yang  berbeda-beda,  sedangkan  kurikulum  dan  materi pembelajaran  yang  sama  untuk  setiap  siswa,  masalah  ini  dapat diatasi dengan media pembelajaran dalam kemampuannya:
a.  memberikan perangsang yang sama
b.  menyamakan pengalaman
                                                 c.  menimbulkan persepsi yang sama

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes